Menyongsong Blog Seleb Indonesia

Oleh PEPIH NUGRAHA

Tulisan berjudul ”Geliat Portal Berita dan Senjakala Blog” di rubrik ini, 14 Agustus 2008, cukup mengejutkan para blogger, baik para blogger lawas maupun para debutan yang baru mencoba melangkah ke dunia blog. Pasalnya, blog dianggap sudah di ambang batas senja dan segera masuk ke dunia kegelapan.

Namun, tulisan itu ternyata menekankan bahwa yang berubah cuma perwajahan, jubah, atau baju sebuah situs pribadi. Blog dianggap terlalu sederhana jika dibanding portal yang bisa mewujud seperti wajah situs berita. Padahal jika sekadar perwajahan, WordPress pun sesungguhnya memiliki blog gratisan berformat berita.

Portal maupun blog hanyalah pilihan, toh kedua-duanya bisa didapat secara gratis. Lebih dari sekadar itu, para blogger yang mengisi kontennya di blog atau portal mereka tidak akan pernah mati. Jumlah mereka diperkirakan malah bertambah. Selain membuat blog sendiri dari situs penyedia blog gratisan seperti Blogger dan WordPress, mereka juga mewujud dalam situs jaringan sosial seperti Facebook, Multiply, Friendster, dan Myspace yang juga menyediakan lahan gratis untuk blogging.

Kini, jagat maya blog bakal semakin disesaki para pendatang baru, yakni para selebritis papan atas Indonesia, mulai penyanyi sampai artis sinetron yang berhasrat ngeblog. Karena yang membuat dan mengisi blog orang- orang ternama di dunia selebritis, nama khusus untuk mereka pun menjadi celeb blog atau blog seleb dalam bahasa Indonesia.

Pada awal kelahirannya, kehadiran blog dilecehkan sebagai media orang-orang narsis, orang- orang yang kelebihan hasrat menonjolkan diri sendiri.

Uniknya, jumlah blogger bukan malah menyusut, tetapi terus membengkak. Sebuah situs penyurvei blog menyebutkan, saat ini sudah ada lebih dari 100 juta blogger.

Penyedia blog gratisan seperti WordPress, saat tulisan ini diturunkan, sudah mencatat 4 juta pengguna blog. Dari jumlah itu, lebih dari 141.000 posting atau konten yang diunggah (upload) setiap harinya dengan jumlah lebih dari 46 juta kata tercipta sehari itu. Padahal, selain WordPress, ada puluhan situs penyedia web gratisan, semisal Blogspot, Blogsome, Blogdrive, Movable Type, LiveJournal, dan Dagdigdug. Situs yang terakhir disebutkan adalah penyedia blog milik orang Indonesia.

Bermula dari Sandra

Bagaimana media massa online menyikapi kehadiran blogger yang terus bertambah dari hari ke hari yang di Indonesia diperkirakan lebih dari 300.000-an blogger? Apakah cap narsis yang masih melekat pada para blogger harus dijauhi?

Sebentar, jangan anggap narsis barang kotor. Katakanlah itu barang kotor, jika dipoles pastilah ia bermanfaat, setidak-tidaknya bisa menciptakan peluang bisnis. Jangan sepelekan narsis. Dalam dunia maya, narsis juga berarti peluang bisnis. Tidak percaya? Mari kita cermati kiprah Kompas.com lewat kanal khusus selebritis, Seleb.tv, dalam mengelola narsis ini!

Pesinetron Sandra Dewi merupakan celeb blog pertama yang digarap Kompas.com, setidak-tidaknya sebuah blog yang diasuh secara profesional dan sudah menggaet iklan. Kini Seleb.tv kembali memfasilitasi hadirnya artis papan atas yang ingin ngeblog. Tidak tanggung-tanggung, belasan selebritis siap menyandang predikat blogger seleb dalam waktu dekat.

”Namun, yang benar-benar siap diluncurkan baru enam selebritis,” kata General Bisnis Kompas.com Edi Taslim.

Keenam selebritis yang siap ngeblog itu, antara lain, Cinta Laura, Titi Kamal, Christian Sugiono, Donna Agnesia, dan Darius. Jajaran artis lainnya yang sudah digarap Seleb.tv untuk jadi blogger seleb adalah Nadia Vega, Ahmad Dhani, Afgan, Mulan Jameela, Aura Kasih, Bunga Citra Lestari, Dewi Persik, Ari Lasso, Once, Julia Perez, Asmirandah, Catherine Wilson, dan Carissa Putri.

Ada juga presenter Ivan Gunawan dan Indra Bekti, pesulap Deddy Corbuzier dan Demian Aditya, novelis Zara Zettira ZR, psikolog Sonia Wibisono, Keluarga Chandrawinata, DJ Anton Wirjono, Bondan Winarno, kelompok musik The Cangcuters, Agriculture Band, Andra & The Backbone, dan Dewi Dewi.

Jajaran artis inilah yang bakal melengkapi blog seleb di Indonesia dengan pintu masuk utama melalui http://www.seleb.tv.

Berbeda dengan Sandra yang lebih memublikasikan kegiatannya sehari-hari sehingga membiarkan dirinya ”termonitor” oleh para anggotanya yang mencapai 10.000 itu, sedangkan Christian menunjukkan kegemarannya dalam fotografi dan menulis.

Ada rubrik ”100% Original Indonesia”, berisi hal-hal unik yang hanya ada dan terjadi di Indonesia. Contoh postingan foto sebuah bajaj yang sarat muatan kardus dari atas sampai bagian belakang, yang ia beri judul ”Bajaj Full!”

”Saya ke mana-mana bawa kamera, itu semua hasil jepretan saya,” kata Christian.

Satu contoh lagi blog Cinta Laura. Melihat baju blog seleb yang didominasi warna coklat tua dan gelap, blog ini berselera anak baru gede. Biodata pemilik nama lengkap Cinta Laura Kiehl ini ia ambil dari Majalah Kartini, sedangkan isinya didominasi foto, chat, dan video dirinya. Apakah blog seleb itu hanya sekadar blog dan tidak bisa di-monetize sehingga menghasilkan uang?

Model bisnis baru

Jika blog Sandra yang sudah lebih awal diluncurkan sudah menggaet sebuah produsen ponsel untuk beriklan, ini berarti sebuah ladang bisnis baru. Bukankah tinggal disepakati saja share antara pemilik blog dengan si desainer blog? Bukankah artis beken akan dikeremuni banyak penggemar dan kerumunan yang masif berarti peluang untuk memasang iklan?

Christian Sugiono tidak menampik kalau kegiatan ngeblog yang sudah lama dilakukannya sekarang saatnya menghasilkan uang. Ia tidak menampik ketenarannya sebagai selebritis akan mudah menarik pemasang iklan.

Jelaslah, blog yang pertama kali dilecehkan sebagai perkara narsis, kini sudah berubah menjadi model bisnis baru di dunia online. Web tidak lagi semata-mata mengandalkan perolehan banner iklan, tetapi juga menjadi bisnis web desain, organisator kegiatan, dan bisnis luar ruang yang akan menjadi tren bisnis online kini dan mendatang. Blog seleb merupakan contoh kecil saja

Sumber: Kompas, Kamis, 28 Agustus 2008

Explore posts in the same categories: Amir Sodikin, Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: