DPR Dukung Nutrisi Saputra

Nilai Mentan Terburu-buru

JAKARTA – Menteri Pertanian Anton Apriantono dinilai gegabah menyatakan produk nutrisi Saputra (NS) sebagai produk ilegal. Ketua Komisi IV (Bidang Pertanian) DPR,Yusuf Faisal, mengaku sangat menyesalkan pernyataan Departemen Pertanian yang langsung dipublikasikan melalui media.

“Seharusnya dilaporkan dulu ke DPR, jangan tiba-tiba di-release seperti itu,” ujar suami Hetty Koes Endang itu.

Dia siap memfasilitasi dialog antara Anton dan Saputra. “Komisi IV memang meminta Deptan mengevaluasi setiap produk pertanian, tapi bukan berarti menghambat inovasi yang dilakukan peneliti Indonesia,” katanya.

Politikus PKB itu meminta Saputra memperkuat hasil riset NS-nya dengan menggandeng universitas independen. “Coba ajak peneliti yang kapabilitasnya terbukti dan netral,” pintanya.

Yusuf juga telah menelepon Anton agar mempertimbangkan ulang kajian departemen yang dipimpinnya. “Bukan berarti saya membela Pak Saputra, tapi tidak baik bagi iklim inovasi ke depan,” jelasnya.

Apalagi, mayoritas rakyat Indonesia berprofesi sebagai petani. Lahan yang belum diberdayakan juga masih luas. Peluang pemasaran produk pertanian pun terbuka lebar. “Kita perlu lebih banyak orang seperti Saputra,” katanya.

Menanggapi komentar dewan, salah satu direksi Grup Saputra, Heru Kustriadi Wibawa, mengaku siap berdialog. “Kami sudah berulang-ulang menjelaskan, tapi ada praduga negatif yang muncul sebelumnya. Akibatnya susah obyektif,” ujarnya.
Sumber Jawa Pos di Departemen Pertanian mengaku ada beberapa surat dari perusahaan pupuk yang keberatan dengan beredarnya NS. “Tapi, bukan berrti karena ada surat itu kami jadi terpengaruh,” kata pejabat di bagian litbang yang menolak disebutkan namanya.
Sumber: Jawa Pos, 22/10/06

Explore posts in the same categories: Berita, Iptek

21 Comments on “DPR Dukung Nutrisi Saputra”

  1. unke Says:

    Bukan Rahasia lagi bahwa jabatan MENTAN sebetulnya juga merangkap agen pemasaran dari berbagai merk pupuk sehingga kehadiran Nutrisi Saputra mengusik para cukong pupuk untuk menghambat penggunaan Saputra Nutrient karena dapat membuat pupuk mereka Jeblok alias tidak laku di pasaran. MENTA hanyalah jadi tameng dan Jurubicara para Mafia pupuk

  2. betty Says:

    kalo menurut saya, jgn gegabah nyatain baek buruk dari suatu hal. ..

  3. Iwan wahyudi Says:

    KALO nEGARA iNI Sudah Mapan Dalam Bidang Pertanian, dan dapat menolong Para Petani yang di gerus tiap hari oleh para tengkulak dan Rentenir………maka
    kita semua yang akan makmur…tapi kalo tidak ada yang bela kita semua akan mati kelaparan di republik ini…semoga Para pejabat…Insaf insaf insaf insaf…….
    hati hati dengan Bandar
    bandar, Cukong dan Mafia Pupuk,

  4. Judie PeWe Says:

    Pernyataan MENTAN menghambat inovasi pertanian di tanah air. Apapun hasil temuan/karya Anak Bangsa Indonesia ini janganlah jadi pengkucilan (mengkucilkan) karya seseorang. Sehingga banyak sekali para ahli Anak Bangsa Indonesia yang berhasil dalam suatu ilmu pengetahuan tidak akan kembali ke Tanah Air karena tidak adanya pengakuan dari Bangsa dan Tanah Airnya sendiri. Harapan saya pernyataan MENTAN tersebut perlu untuk diluruskan, bahwa Anak Bangsa mampu menjadi pelopor pertanian/Inovasi Pertanian, sehingga tidak tertinggal dengan Kemajuan Pertanian negara tetangga terutama Thailand.


  5. saya skeptis dengan produk saputra nutrien

  6. TEGUH SUPRAYOGI Says:

    BUAT GRANDIOSA ROFFI DAN SIAPAPUN YANG SKEPTIS DG PRODUK SAPUTRA NUTRIENT; TAK KENAL MAKA TAK SAYANG;ORANG DINAS PERTANIAN DAERAHKU KEBUMEN DULU JUGA TIDAK PERCAYA DG HASIL TANAMAN YANG PAKAI NUTRISI SAPUTRA BEGITU LUAR BIASA,NAMUN SETELAH DI AJAK OLEH DISTIBUTOR NS KEBUMEN BERSAMA KELOMPOK2 TANI DG DUA BUS KE SUBANG JAWA BARAT MEREKA BARU PERCAYA,TANAMAN PADI BENIH SAPUTRA YANG DIPERLAKUKAN DG TEKNOLOGI SAPUTRA MENGHASILKAN BULIR PADI PER MALAI NYA 350 SD 550 BULIR PADI,3 KALI LIPAT DARI PADI UMUMNYA(1-09-2007),DAN DI PANEN TGL 10-10-2007 OLEH MENSESKAB SUDI SILALAHI,PANEN RIIL PER HEKTARNYA 15-17 TON PER HEKTAR ,MENINGKAT RATUSAN PERSEN DARIPADA BENIH2 BIASA,DAN SAYA PERNAH BERTEMU DG PAK SAPUTRA,ORANGNYA RENDAH HATI,RAJIN IBADAH,KHUSUSNYA PUASA DAUD,SDH SEWWAJARNYA ALLAH MEMBERI KELEBIHAN PADA BELIAU TERMASUK HASIL TEMUANNYA YG TELAH DI TELITI PULUHAN TAHUN; SAPUTRA NUTRIENT

  7. renaldy Says:

    nutrisi saputra sudah tidak perlu di ragukan lagi… sekarang yang ada petani peternak dan petambak ingin bukti.. dan teryata produk saputra sudah terbukti barhasil apa perlu kita ragu atas kualitas NS??? saya bangga sebagai org indonesia karena indonesia telah memiliki sesseorang yang hebat…!! terus maju pak ir saputra…

  8. Martin Says:

    Nutrisi Saputra sudah saya aplikasikan untuk benih padi lain dan hasilnya juga luar biasa. Jadi, Nutrisi Saputra dapat membawa Indonesia tidak hanya pada ketahanan pangan tetapi kedaulatan pangan. Saya adalah buruh tani sekaligus mahasiswa sosial politik unsoed tetapi ingin menjadi peneliti pertanian, mohon Pak Saputra dapat membantu membuka jalan bagi saya. Saat ini saya juga menjadi pengawas penangkar benih saputra. Jayalah Indonesia

  9. Dulloh Abdul Karim Says:

    Ada beberapa hal nyang saya pingin sampaikan dan tanyakan:
    1. Saputra Group “BUBAR” ya? Truz piye nasib karyawane? Sopo sing tanggungjawab produke nanti? Jarane mau sejahterakan penduduk bumi, toh sejahterakan perusahaane dewek orak becus……

    2. Opo sih bedane Nutrisi Saputra karo WSF sing Suba Indah duwe gawe? koq diaplikasikan ke tanaman lebih bagus produknya WSF ya? padahal aku punya sudah expired loh….

    3. Aku coba benih saputra ternyata cuma tipuan belaka. Tanamannya bagus, bulirnya uakeh tenan, tapi gabug!!!! Aku rugi…….

    4. Opo bedane sing Powder karo NPK biasa? toh ambune podo….. malah apikan NPK ya…… murah lagi….. Aku wani tarohan, sing Powder bisa diganti NPK toh?

    5. Mbok ya Pak Saputrane ojo ngawur ngomong karo petani yen benih saputra iso panen spektakuler!!! Buktine nihil….. Palsu…. Gabug……

    6. Produk WSF masih diproduksi orak ya? aku mau coba lagi…. tapi suba indahne wis podo bangkrut ya?

    7. Pake Nutrisi Saputra sebenere apik, tapi kudu liat sikon, yen ono wabah penyakit ojo dipake, tapi semprod dulu pake obat, baru semprot saputra. Pengalamanku padi sing kena penyakit disemprot saputra malah kena kresek!!!!

    8. Mas martin sing hadir nang penican biyen wis jadi distributore? sampeyan duwe nomere atau e-mail TS Saputra sing cilik iku ora? aku arep konsultasi sama dia, iku wong pinter tani ya?

    Wis pokoke saputra kudu terus maju!!! Ojo setengah-setengah!!! Aku ketolong banget pake Saputra, tapi aplikasine kudu tepat!!! Tolong disosialisasikan yang baik!!! Dan benih saputra itu jangan dilepas lagi Pak. Walaupun kualitase kalah dari WSF, asal gampang dicari tetep laku ko Pak. Powdernya juga ndak usah dijual, wong bisa diganti NPK!!!

  10. firman Says:

    ya maju terus saja kalau memang punya niat (visi)yang baik buat bangsa kedepan…..

  11. dedy Says:

    kok sekarang saputra tidak ada kabarnya? apa udah tidak laku

  12. gelap Says:

    saya juga penasaran untuk aplikasi ns ketanaman jagung?kira gmn y hasile?

  13. iteung Says:

    emang masih ada???hhhhhh..menyebalkan..

  14. iteung Says:

    saputra tukang tepu…omong besar..tunggu aja balasan tuhan…dapet azab..inget aja..doa orang teraniaya di ijabah…

  15. rend Says:

    Sampai hari ini saputra masih berjalan,berusaha tetap konsis dalam visi dan misinya, karena itu adalah kodrat. produk manusia tidaklah sempurna,NS bkan produk dewa.namun setidaknya bisa membantu. Kesalahan kekurangan bukan untuk dicela. Secanggih canggihnya senjata tapi jika yg menggunakan belum memahami waktu yg tepat maka hasilnya tidak akan optimal.

  16. dewi sri Says:

    Saya puas sekali dengan hasil Saputra Korr Night & Day cream. Tp kok ngilang produknya. Mohon informasi kemana harus mencari nya lagi?

  17. tyas Says:

    Aku dulu juga pake kosmetik Saputra Korr, kulitku bagus banget..Tapi terus hilang dari peredaran..Tolong diproduksi lagi ya-tapi pake formula yang pertama dulu ya..aku percaya banget dengan produk bapak kok,karena aku sudah coba..

  18. rendy Says:

    Bagi yang ingin melihat info2 foto produk saputra yang sampai hari ini berjalan bisa dibuka di google aja saputra nutrient..

  19. djiweng benu Says:

    Tuk Sawit juga sangat bagus, apalagi sudah berdasarkan research oleh salah satu prus perkebunan sawit besar di ind selama kl 2 tahun. untuk kebutuhan sumatera bisa hub saya di email borneo_benu@yahoo.com atau 0811754241

  20. kang beben Says:

    Saya tinggal di Lampung Selatan. Mudah-mudahan kawan-kawan petani tidak mudah menyimpulkan jelek terhadap suatu produk, karena banyak faktor penyebab terjadinya itu, mungkin saja tanah di tempat itu memang sangat tidak baik untuk pertanian atau saat itu tanaman kita sedang terkena penyakit. Tapi yang pernah saya buktikan hasilnya sangat memuaskan, apabila kawan-kawan berminat mari bergabung. Insya Allah masih bisa di berikan untuk Demplot bila stock untuk itu masih tersedia.

  21. Kris Says:

    Writing posts is pain in the ass.I know how you
    can get unlimited content for your page, type in google:
    Anightund’s rewriter


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: