Robot ITS Gagal Menjuarai ABU Robocon 2006

KUALA LUMPUR, MINGGU – Tim Robot Indonesia yang diwakili Robot Depth-4 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS gagal meraih podium tertinggi lomba robot Asia Pasific Broadcasting Union – Robot Contest (ABU Robocon) 2006 di Putra WTC, Kuala Lumpur, Malaysia. Tanpa disangka, tim ITS tumbang di babak perempat final setelah dikalahkan robot Hoi Lod buatan tim Samot Songkram Technical College Thailand dengan skor 13:18.

Tim Thailand menang tipis setelah mampu menembus blokade yang dibuat robot Depth-4 dari PENS-ITS Surabaya di titik tengah. Saat robot Indonesia itu berusaha membangun tower Petronas juga dihadang sehingga tidak mampu membukukan poin secara optimal dan tim Thailand akhirnya maju ke babak semifinal.

“Blocker kita memang kurang kuat, meski kita sudah menyiapkan delapan skenario. Kita memang hanya bisa mempraktekkan satu skenario, karena kita harus menyesuaikan dengan kondisi setelah running test,” ujar dosen pembimbing tim robot Depth-4 PENS-ITS Surabaya, Ir. Gigih Prabowo.

Vietnam berjaya

Selain tim Indonesia, tanpa disangka tim tangguh yang dijagokan lainnya dari Jepang juga tumbang di babak perempat final. Bahkan, tim robot dari Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang dikalahkan tim robot Vietnam di babak perempat final dengan skor telak 12:3.

Robot BKPRO dari Ho Chi Minh City University of Technology, Vietnam menang telah setelah mampu menghadang titik tengah milik lawan sejak langkah awal dan mampu menyingkirkan balok dari tim Jepang yang sengaja diletakkan di posisi Vietnam untuk menghalang-halangi. Di babak semifinal tim robot Vietnam mengalahkan RoboMask dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Sedangkan robot Thailand melaju ke final setelah mengalahkan robot Inspire dari China yang sempat mengalahkan tim robot NIT dari India di babak perempat final dengan skor 24:5. Keunggulan Thailand tercapai berkat kemampuan robot otomatis miliknya dapat mencuri poin setelah gagal memetik poin di titik tengah akibat blokade China yang menggunakan jaring.

Di babak final, tim Vietnam akhirnya memenangkan pertarungan dengan tim Thailand secara menakjubkan, karena mampu menjatuhkan robot otomatis milik Thailand untuk memperebutkan titik tengah guna mendapatkan kemenangan sempurna. Bahkan, kemenangan sempurna itu hanya diraih dalam waktu dua menit dari waktu tiga menit yang disediakan panitia.

“Kemenangan kami itu memang bukan semata-mata karena teknologi, melainkan kami mengandalkan strategi sebagai hal utama,” ujar dosen pembimbing dari tim Vietnam, Huy Van Kien.

ABU Robocon 2006 diikuti 19 robot dari 18 negara. Pelaksanaan ABU-Robocon 2007 akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam pada bulan September 2007 dengan tema “Victory Island”.

Hasil selengkapnya:

  • Juara 1: Vietnam
  • Juara 2: Thailand
  • Juara 3: Malaysia-2 (UTM)
  • Ide terbaik: Jepang
  • Rekayasa mesin terbaik: Malaysia-1 (Multimedia Universiti)
  • Desain terbaik: Vietnam
  • Anugerah istimewa:
    • Panasonic Award (Vietnam)
    • Toyota Award (Nepal)
    • Mabuchi Motor Award (Mesir)
    • Petronas Award (China)’
    • ABU-Robocon 2006 Award: Malaysia-2 (UTM)

Sumber: Antara
Penulis: Wah

Explore posts in the same categories: Berita, Iptek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: