Misi Satu Juta Atap Sel Surya

Akan Menjadi Terbesar Ketiga di Dunia

SACRAMENTO – California bakal jadi penghasil tenaga matahari terbesar ketiga di dunia, setelah Gubernur Arnold Schwarzenegger menandatangani UU Tenaga Surya kemarin. Dengan UU tersebut, pemerintah negara bagian California, AS menargetkan pemasangan satu juta atap panel tenaga surya di rumah-rumah penduduk, sekolah, atau bangunan umum lainnya.

Arnold yakin, program tersebut akan berjalan lancar. “Saya ingin buktikan kepada dunia kalau kita bisa melindungi lingkungan tapi juga mengembangkan ekonomi,” tegasnya.

Sebelumnya, penghasil tenaga surya terbesar di dunia diduduki Jepang dan Jerman. Jika berhasil, program itu menempatkan California di urutan ketiga.

Rangkaian atap panel tenaga surya itu, diperkirakan bisa menghasilkan energi sebesar 3.000 megawatt atau sekitar 5 persen dari kebutuhan Total california, tanpa menghasilkan polusi. Pemakaian alat tersebut bisa mengurangi gas emisi rumah kaca hingga 3 juta ton. Itu setara dengan menghilangkan hampir satu juta kendaraan bermotor dari jalanan California.

Pekan lalu, UU tersebut diloloskan senat. Targetnya, pemasangan satu juta atap panel tenaga surya itu selesai pada 2018 mendatang. Mulai 2011, pengembang perumahan harus menawarkan rumah yang dilengkapi atap panel tenaga surya tersebut. Pengembang juga harus mengizinkan pemilik rumah menjual kelebihan energi surya yang dihasilkannya.

Sempat ada keberatan akan mahalnya pemasangan atap panel tenaga surya, tapi Arnold berusaha meredakannya. “Saya yakin bisa ditekan. Seperti telepon genggam, semakin banyak yang membeli dan menggunakan, harganya akan semakin murah,” tegasnya. Ia berjanji mengurangi biaya alat dan pemasangan dari USD 15.000 menjadi USD 2.000 (sekitar Rp 18 juta).

Awal tahun ini, California Public Utilities Commission (PUC) menyetujui pengucuran dana sebesar USD 2,9 miliar (sekitar Rp 26,6 triliun) untuk biaya awal program tersebut. “Ini adalah program tenaga surya terbesar di negara bagian California, saya berharap program ini bisa diikuti negara bagian lainnya,” ujar komisaris PUC kala itu. (rtr/*/any)

Sumber: Jawa Pos: Rabu, 23/08/06

Explore posts in the same categories: Artikel, Iptek

One Comment on “Misi Satu Juta Atap Sel Surya”

  1. beny Says:

    gimana kalau diterapkan diindonesia……….kan bisa
    kita juga kaya sinar matahari kok


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: