ESQ Menjadi Materi Orientasi Mahasiswa Baru ITS

Untuk pertama kalinya, training ESQ menjadi bagian dari program Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) sebuah perguruan tinggi. Peristiwa bersejarah ini terjadi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 2-3 Agustus lalu.

ITS menjadi perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang melakukannya sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara ESQ Leadership Center dan ITS beberapa waktu lalu. “Training ini bertujuan untuk mengisi ruang-ruang yang kosong yang terdapat pada diri mahasiswa kita. Ruang kosong itu adalah spiritualitas,” terang Rektor ITS Prof Muhammad Nuh kepada Nebula.

Nuh menambahkan, manusia harus berusaha menyempurnakan dirinya masing-masing. Manusia itu merupakan makhluk multi dimensi yang harus menangkap berbagai fenomena yang juga multi dimensi. Ketika dimensi yang yang kita miliki komplit, maka kita akan mampu merespon fenomena yang ada dengan tepat. Persoalannya, lanjut dia, saat ini, fenomena yang ada jauh lebih banyak dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki manusia. Akibatnya, solusi menghadapi fenomena yang terjadi tidak sempurna.

“Jadi kalau diterjemahkan dalam ilmu fisika, jika pada diri kita ada sensor tekanan, sensor ketepatan, sensor kecepatan dan sensor level, maka kita akan dengan cepat merespon berbagai fenomena yang terjadi. Jika temperatur 10 derajat celcius, kita akan dengan cepat meresponnya karena memiliki sensor tekanan. Ketika ada mobil yang lewat dengan cepat, maka kita akan meresponnya dengan sensor kecepatan,” ujar Nuh.Untuk menyempurnakan sensor yang ada itulah, diperlukan semacam metode yang mampu melakukannya. “Saya melihat ESQ mampu melakukan,” jelasnya.

Ia berharap nilai-nilai mulia seperti kasih sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab bisa menjadi sensor-sensor baru yang dimiliki mahasiwa di ITS yang membuat langit ITS bercahaya putih. “Cahaya putih itu kan perpaduan dari merah, jingga, kuning, biru. Ada salah satu warna saja yang hilang, tak akan ada cahaya putih. Nah, mahasiswa ITS harus mampu memadukan intelektual, emosional dan spiritualitas agar mampu mencerahkan,” urainya.
Langkah manajemen ITS menggandeng ESQ LC ini mendapat dukungan. Pembantu Dekan I FMIPA Dr Syafsir Akhlus, M.Sc. Menurutnya, ESQ adalah pilihan yang tepat untuk mengembangkan sumber daya manusia. “ESQ merupakan salah satu alternatif yang terbaik saat ini,” akunya. Karenanya, lanjut dia, tak salah manajemen ITS menjadikan ESQ sebagai bagian materi OMB. “Saya berharap mahasiswa baru menemukan jati diri yang sesungguhnya setelah training ESQ. Untuk mempraktekkan apa yang didapat dari training ESQ, harus dengan upaya keras dan tak kenal lelah. Tapi saya yakin itu dapat dilakukan,” ujar Syafsir.

MoU itu menjadi kenyataan pada 2-3 Agustus lalu, saat ESQ menjadi materi dalam Opspek ITS. Yel-yel kebangkitan pun diteriakkan oleh 720 orang di Graha ITS, ketika ratusan mahasiwa baru yang masuk ITS melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) mengikuti In-House Training ESQ ITS.”ITS Emas Indonesia Emas 2020 ESQ Yes!”.

“Saya tak menyangka ada training seperti ini. Dan itu saya dapatkan saat mengikuti OMB yang selama ini ditakuti oleh mahasiswa baru,” ujar Rizqa, mahasiswi Jurusan Teknik Lingkungan ITS.

Andi Kurniawan, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS mengaku terkesan dengan ESQ. “Bagus sekali untuk membina kehidupan spiritual kita yang selama ini terlupakan. Sekarang saya lebih mampu menahan emosi dibandingkan sebelumnya. Selama ini saya juga lebih mementingkan urusan dunia. Segala sesuatunya selalu dilihat dari kacamata dunia. Setelah training ESQ, saya tersadarkan bahwa kehidupan akhirat tak boleh dilupakan. Kita harus menyerahkan diri kepada Allah,” ungkapnya. Pelatihan ini dilangsungkan lagi pada 9-10 Agustus dan 15-16 Agustus untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). (Erwyn Kurniawan)

Nebula: 29/08/06

Explore posts in the same categories: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: